Penelitian ini mengkaji tentang inovasi kurikulum berdasarkan komponen kurikulum evaluasi untuk menghadapi tantangan di era globalisasi. Kurikulum sebagai salah satu komponen pendidikan harus melakukan perubahan dan pembaharuan untuk menghadapi tuntutan perkembangan masyarakat. Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam keberhasilan suatu pendidikan, tanpa adanya kurikulum yang baik dan tepat, maka akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan. Inovasi kurikulum merupakan sebuah keniscayaan yang harus dipersiapkan untuk merespon kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. Kebutuhan dan tuntutan masyarakat cenderung mengalami perubahan akibat kemajuan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan memerlukan inovasi yang menyangkut pada masalah bagaimana mengembangkan kurikulum dengan melihat situasi dan kondisi yang ada. Inovasi kurikulum berdasarkan komponen kurikululum evaluasi dilakukan dengan mengukur efektifitas kurikulum yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan. Inovasi kurikulum berdasarkan kurikulum evaluasi mengukur proses dan kinerja yang dicapai telah sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Komponen evaluasi berkaitan dengan penilaian terhadap rencana, proses, hasil dalam pengembangan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan.
Copyrights © 2024