Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 4 No. 8: Januari 2025

PERAN FILSAFAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI ERA MODERN

Majid, Abdul (Unknown)
Mochammad Nur Salim (Unknown)
Amrozi Khamidi (Unknown)
Gunarti Dwi Lestari (Unknown)
Nunuk Hariyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Filsafat memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter siswa di era modern, di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat. Artikel ini membahas bagaimana filsafat pendidikan dapat digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan nilai-nilai moral, etika, serta kemampuan berpikir kritis dan reflektif dalam diri siswa. Melalui pendekatan filosofis, siswa dapat memahami pentingnya nilai-nilai seperti keadilan, tanggung jawab, dan toleransi, yang sangat relevan dalam kehidupan sosial yang semakin kompleks. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan berbasis filsafat dapat mendorong siswa untuk tidak hanya menghafal nilai-nilai, tetapi juga menginternalisasinya melalui pemahaman yang mendalam. Selain itu, filsafat membantu membentuk empati, kepedulian sosial, dan pengembangan karakter siswa, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan waktu dan pengaruh negatif teknologi, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pengajaran yang tepat, filsafat dapat memberikan dampak yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, pendidikan berbasis filsafat perlu diperkuat dalam kurikulum pendidikan untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki integritas, empati, dan tanggung jawab sosial

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...