Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi inovasi pembelajaran sains 12 terintegrasi nilai-nilai multikutural untuk meningkatkan efikasi diri peserta 12 didik di Madrasah Aliyah yang berkualitas memenuhi kriteria kevalidan, 12 kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah 12 penelitian dan pengembangan berdasarkan model Plomp dengan tahapan: 12 (1) investigasi awal, (2) perancangan, (3) realisasi,(4) evaluasi dan revisi, 12 (5) implementasi. Uji coba produk dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 3 12 Kota Makassar diikuti oleh 30 peserta didik dan guru yang tergabung 12 dalam komunitas pendidik sains. Instrumen yang digunakan terdiri dari 12 angket validasi, angket respon peserta didik, dan angket efikasi diri peserta 12 didik pada pembelajaran sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sains 12 integrasi nilai-nilai multikultural dinyatakan valid, praktis dan efektif meningkatkan efikasi diri sains peserta didik. Penelitian ini menyarankan 12 agar perhatian khusus diberikan pada pengembangan perangkat 12 pembelajaran di Madrasah Aliyah dengan mengintegrasikan nilai-nilai 12 multikultural guna meningkatkan rasa percaya diri peserta didik yang 12 12 erat kaitannya dengan hasil belajar.
Copyrights © 2024