Peran guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif merupakan suatu kebutuhan yang mendesak untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Akan tetapi, saat ini masih banyak guru menghadapi tantangan dalam merancang pembelajaran yang interaktif dan menarik, terutama dalam mengintegrasikan teknologi dan strategi inovatif ke dalam kelas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan mengajar guru-guru melalui pendekatan microteaching. Microteaching adalah metode pelatihan mengajar yang memungkinkan guru untuk mempraktikkan keterampilan mengajar dalam skala kecil, dengan fokus pada penguasaan teknik-teknik tertentu. Pelatihan ini dirancang untuk membantu para guru dalam mengembangkan teknik pengajaran yang efektif dan interaktif. Metode yang digunakan meliputi seminar, workshop simulasi merencanakan pembelajaran, dan sesi evaluasi. Pada kegiatan seminar, peserta diberikan teori dan praktik microteaching serta strategi-strategi pengajaran yang inovatif. Selanjtnya, simulasi perencanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan merancang modul ajar yang dapat digunakan saat praktik Microteaching. Proses evaluasi dilakukan untuk menilai kemajuan peserta secara komprehensif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan keterampilan mengajar. Peserta juga menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan yang lebih baik dalam menyusun modul ajar serta menerapkan metode pengajaran yang bervariasi. Pendekatan microteaching terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru, khususnya dalam persiapan mengajar, yang diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah.
Copyrights © 2024