Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity
Vol 2, No 2 (2024): Third International Conference on Education, Society and Humanity

IMPLEMENTATION OF ISLAMIC EDUCATION IN FORMING KARIMAH IMACLES AT NURUL JADID ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Kumala, Achmad Muftiddini (Unknown)
Khoir, Muhammad Ilzamul (Unknown)
Sahidah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus untuk mengetahui implementasi pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak di asrama Syekh Nawawi Al-Bantani. Subjek penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam, siswa, dan keluarga yang terlibat dalam proses pendidikan, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui langkah-langkah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di asrama ini berfokus pada aspek spiritual dan mengembangkan toleransi dan karakter yang baik melalui berbagai metode, seperti keteladanan guru dan kegiatan asrama yang memperkuat nilai-nilai Islam. Ditemukan pula faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan, yang meliputi motivasi siswa, kualitas guru, dan lingkungan sosial yang mendukung. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang kontribusi pendidikan Islam dalam membentuk akhlak pada siswa. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

icesh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Proceedings of the International Conference on Education, Society and Humanity published by the Postgraduate program of Nurul Jadid University, Probolinggo, Indonesia. The proceeding published articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This ...