JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 2 (2024): (DECEMBER 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Ekonomi Materi Akuntansi di SMA Negeri 11 Luwu Utara

Ina, Ina (Unknown)
Hajerah, Hajerah Hasyim (Unknown)
Nuraisyiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Tujcuan dari peneclitian ini adaclah untcuk menyelidiki: (1) Pengaruch kompbetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional terhacdap motivcasi belacjar siswca pada kelas ekocnomi khususnya muatan akuntansi di SMAN 11 Luwu Utara; (2) pengcaruh kompcetensi pedagcogik dan komcpetensi profesiconal guru terhadcap moticvasi belcajar siscwa pada mata pelacjaran yang sama; selanjutnya (3) Faktor manakah yang mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar lebih banyak?. Variabel penelitiannya adalah Motivasi Belajar (Y), Kompetensi Pedagogis (X2), Kompetensi Profesional (X1), dan Motivasi Belajar (X2). Populasi penelitian adalah 340 siswa terdaftar di SMAN 11 Luwu Utara yang sedang mempelajari akuntansi dan ekonomi. Decngan mencggunakan teknik proporsional stratified random sampling, sampel diambil sebanyak 77 siswa. Data dikumcpulkan melalui kuecsioner dan dokumecntasi. Dengan menggunakan SPSS 22 for Windows, analisis data menggunakan pengujcian instrumcen, pengcujian asumcsi tradisioncal, dan pcengujian hipotcesis. Temduan penelitian menudnjukkan : (1) Pengaruh baik dan signifidkan secadra simudltan Kompedtensi Pedagodgik Guru dan Kompedtensi Prodfesional terhaddap Modtivasi Bdelajar Siswda; (2) Komdpetensi Profesional Guru secara parsial berpedngaruh podsitif dan sigdnifikan terhadadp Motivasi Belajadr Siswda; (3) Maotivasi Baelajar Siaswa sedikit banyak dipeangaruhi secaara signifiakan dan positif oleh Kompetensi Pedaagogik Guru; dan (4) Di SMAN 11 Luwu Utara, Kodmpetensi Profesiondal mdempunyai pendgaruh yang lebih besar terhadadp Mdotivasi Bdelajar Siswda pada kelas akuntansi dan ekonomi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...