Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook maker yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka untuk siswa sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari 3 guru dan 71 siswa sekolah dasar, yang mengikuti skala uji coba kecil dan besar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket untuk mendapatkan umpan balik dari guru dan siswa, serta tes untuk mengukur efektivitas pembelajaran melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kurikulum Merdeka berbasis flipbook maker sangat layak, dengan persentase kelayakan materi Kesehatan 85%, materi pendidikan 96%, dan media 91,1%. Respon guru dan siswa pada skala kecil dan besar juga menunjukkan tingkat penerimaan yang tinggi. Media pembelajaran ini terbukti lebih efektif dari pada modul cetak, dengan nilai t hitung sebesar 21,205 yang menunjukkan efektivitas media ini dalam meningkatkan pemahaman siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024