Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMA. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental menggunakan nonequivalent posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini didasarkan atas pertimbangan guru bidang studi matematika dan disesuaikan dengan waktu penelitian (purposive sampling). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui tes kemampuan representasi matematis dan angket minat belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CTL dengan minat belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Copyrights © 2024