An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4 No 2 (2024): September-Desember

KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-MAHMUD AIK AMPAT

Yudin Citriadin (Unknown)
Utama, Wahyudi (Unknown)
Budi Nurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah MTs Al-Mahmud Aik Ampat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik studi kasus. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja di MTs Al-Mahmud Aik Ampat, bahwa kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan kinerja guru yang meliputi pembuatan rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasi yang ditunjukkan oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja yang lebih bersemangat. Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah. Kepala sekolah lebih terlibat dalam mengelola kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya. Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan, dan kemampuan melaksanakan remedial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...