Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah MTs Al-Mahmud Aik Ampat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik studi kasus. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja di MTs Al-Mahmud Aik Ampat, bahwa kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan kinerja guru yang meliputi pembuatan rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasi yang ditunjukkan oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja yang lebih bersemangat. Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah. Kepala sekolah lebih terlibat dalam mengelola kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya. Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan, dan kemampuan melaksanakan remedial.
Copyrights © 2024