Penelitian ini dilatar belakangi oleh keaktifan siswa serta guru yang kurang serta rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD N Banjarsari 01. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat reflektif dengan dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki pembelajaran di kelas secara lebih profesional, Hasil penelitian menyatakan hasil belajar awal siswa, sebanyak 7 siswa bisa mencapai ketuntasan, dan sebanyak 11 siswa belum mencapai ketuntasan, adapun ketuntasan kelas sebanyak 39%. Sesudah tindakan pada siklus I sebanyak 12 siswa 12 mencapai ketuntasan dan sebanyak 6 siswa belum mencapai ketuntasan dan ketuntasan kelas sebanyak 67%. Untuk Siklus II sebanyak 17 siswa tuntas dan sebanyak 1 siswa belum mencapai ketuntasan. Adapun ketuntasan kelas sebanyak 94%. Dari perolehan data tersebut dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi Keberagaman Budaya Bangsa di SD N Banjarsari 01.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024