Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2024): October

Mahjong Math: Media Permainan sebagai Penguat Konsep Bangun Datar dan Bangun Ruang dalam Pembelajaran Matematika

Jannah , Ari Miftahul (Unknown)
Listiwikono, Eko (Unknown)
Hariastuti, Rachmaniah Mirza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Konsep-konsep matematika yang abstrak membutuhkan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami dan/atau menguatkan konsep-konsep tersebut. Media permainan menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan mempermudah siswa memahami konsep-konsep matematika, salah satunya konsep geometri. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan media permainan Mahjong Math sebagai penguat konsep sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang sisi datar. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE. Data dikumpulkan dengan cara kajian pustaka, kuisioner, observasi, dan wawancara. Responden penelitian adalah ahli (dosen dan guru matematika) dan pengguna (siswa kelas IX SMP). Uji coba produk dilakukan di SMPK BHAKTI Rogojampi. Analisis data dilakukan dengan cara gabungan sesuai jenis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Mahjong Math layak digunakan berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif berdasarkan penilaian ahli dan pengguna. Oleh karena itu, media Mahjong Math dapat diujikan pada skala yang lebih besar atau dikembangkan ulang untuk konsep-konsep matematika lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hexagon_jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika a peer-reviewed journal, provides a forum for publishing original research articles, review articles from contributors, and novel technology news related to mathematics education. This journal is designed to facilitate lecturers, researchers, ...