Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMA Negeri 3 Surabaya dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dengan karakter maskulin dan satu siswa perempuan dengan karakter feminin, keduanya memiliki kemampuan matematika yang tinggi dan setara. Data dikumpulkan melalui pemberian tugas dan wawancara yang dilakukan sebanyak dua kali. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan cara berpikir antara subjek laki-laki maskulin dan perempuan feminin pada tahap memahami masalah. Perbedaannya, siswa laki-laki cenderung menyarikan informasi secara singkat dan garis besar, sedangkan siswa perempuan memberikan detail yang lebih mendalam. Kedua subjek juga membangun keterkaitan antara unsur yang diketahui dengan yang tidak diketahui. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan cara berpikir relasional antara siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa laki-laki maskulin lebih cenderung memberikan jawaban singkat dan fokus pada aspek teknis, sedangkan siswa perempuan feminin memberikan penjelasan yang lebih detail dengan fokus pada konteks praktis masalah yang dihadapi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024