Afeksi: Jurnal Psikologi
Vol. 3 No. 4 (2024): Afeksi: Jurnal Psikologi

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAKETI TAHUN AJARAN 2024/2025

Rahayu, Resti (Unknown)
Ikhsan , Muhamad (Unknown)
Arnita , Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik modelling untuk meningkatkan self-efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment design. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Saketi yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 14 orang dalam satu kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala self-efficacy yang disusun oleh peneliti. Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgment dan dinyatakan dengan validitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Intervensi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor self-regulated learning kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa di kelas VIII di SMPN 2 Saketi Tahun Ajaran 2024/2025..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Afeksi: Jurnal Psikologi yang berfokus pada psikologi manusia, diterbitkan oleh Anfa Mediatama. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah terkini yang kritis dan komprehensif. Kami mengundang para peneliti atau praktisi untuk membahas masalah ...