Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi Jatidiri Bangsa dan Budaya Nasional melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing pada siswa kelas VIII-3 SMPN 10 Tambun Selatan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus mencakup empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa yang signifikan dari 32,00% pada pra siklus, menjadi 43,42% pada siklus I, 57,90% pada siklus II, dan mencapai 80,26% pada siklus III. Siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran ini, yang dianggap menarik, menyenangkan, dan efektif dalam meningkatkan keaktifan mereka dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing secara efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2025