Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh Gadget pada Materi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Mandiri terhadap Perilaku Belajar Positif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi dengan sampel yang terjangkau sebanyak 33 siswa yang diperoleh melalui teknik random sampling. Data yang dianalisis adalah analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, uji-t, koefisien determinasi (KD) dan hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara pengaruh Gadget terhadap materi demokrasi dan HAM dalam Kurikulum Merdeka (X) dengan Perilaku Belajar Positif (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji hipotesis ternyata r hitung lebih besar dari r tabel (0,562 > 0,344). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pengaruh gadget pada materi pembelajaran demokrasi dan hak asasi manusia dalam kurikulum mandiri terhadap perilaku belajar positif siswa. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif gadget pada materi pembelajaran demokrasi dan hak asasi manusia dalam kurikulum mandiri terhadap perilaku belajar positif siswa.
Copyrights © 2025