Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia
Vol 7, No 1 (2024): Desember 2024

Pemanfaatan Microsoft PowerPoint: Upaya Peningkatan Kapasitas Guru PAUD dalam Membuat Games Baca Tulis Hitung

Rohita, Rohita (Unknown)
Nurfadilah, Nurfadilah (Unknown)
Suwardi, Suwardi (Unknown)
Damayanti, Niken Ariasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Setiap pendidik dituntut untuk dapat menguasai teknologi dan dapat menghadirkannya dalam pembelajaran, termasuk teknologi untuk mengenalkan anak dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Akan tetapi kemampuan tersebut belum dapat dihadirkan oleh guru-guru PAUD yang berada di Kelurahan Gunung, Jakarta Selatan. Adanya keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dari pendidik serta kurangnya pelatihan pemanfaatan teknologi, menjadi faktor ketidakhadiran media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Untuk itu, kegiatan pemberdayaan masyarakat akan difokuskan pada upaya untuk meningkatkan kapasitas guru PAUD melalui pemanfaatan microsoft powerpoint dalam membuat media pembelajaran calistung untuk anak usia prasekolah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, penugasan, pendampingan, presentasi dan evaluasi, serta keberlanjutan yang dilakukan dengan menyediakan materi mengenai tahapan penggunaan fitur-fitur dalam microsoft powerpoint. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Mitra terlibat dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil analisis dari lima games yang dihasilkan oleh 11 guru dalam 5 kelompok terlihat bahwa hasil karya tersebut telah memenuhi  unsur-unsur penilaian yaitu kesesuaian konten terkait kemampuan membaca, menulis, dan berhitung serta terkait penggunaan fitur-fitur di dalam microsoft powerpoint untuk membuat games. Sehingga dapat disimpulkan bahwa microsoft powerpoint dapat meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam membuat games calistung.Kata Kunci: Berhitung, Kapasitas Guru, Membaca, Menulis, Permainan Edukatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan ...