Setiap pendidik dituntut untuk dapat menguasai teknologi dan dapat menghadirkannya dalam pembelajaran, termasuk teknologi untuk mengenalkan anak dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Akan tetapi kemampuan tersebut belum dapat dihadirkan oleh guru-guru PAUD yang berada di Kelurahan Gunung, Jakarta Selatan. Adanya keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dari pendidik serta kurangnya pelatihan pemanfaatan teknologi, menjadi faktor ketidakhadiran media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Untuk itu, kegiatan pemberdayaan masyarakat akan difokuskan pada upaya untuk meningkatkan kapasitas guru PAUD melalui pemanfaatan microsoft powerpoint dalam membuat media pembelajaran calistung untuk anak usia prasekolah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, penugasan, pendampingan, presentasi dan evaluasi, serta keberlanjutan yang dilakukan dengan menyediakan materi mengenai tahapan penggunaan fitur-fitur dalam microsoft powerpoint. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Mitra terlibat dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil analisis dari lima games yang dihasilkan oleh 11 guru dalam 5 kelompok terlihat bahwa hasil karya tersebut telah memenuhi unsur-unsur penilaian yaitu kesesuaian konten terkait kemampuan membaca, menulis, dan berhitung serta terkait penggunaan fitur-fitur di dalam microsoft powerpoint untuk membuat games. Sehingga dapat disimpulkan bahwa microsoft powerpoint dapat meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam membuat games calistung.Kata Kunci: Berhitung, Kapasitas Guru, Membaca, Menulis, Permainan Edukatif.
Copyrights © 2024