Education Achievement: Journal of Science and Research
Volume 5 Issue 3 November 2024

Studi Literatur Tentang Penggunaan Aplikasi Marbel Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik

Akmaluddin, Alwan Naufal (Unknown)
Arrahma, Elni (Unknown)
Agustin, Nadia Ivana (Unknown)
Astuti, Nelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dampak penggunaan aplikasi marbel membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Dengan aplikasi marbel membaca diharapkan kemampuan membaca peserta didik dapat berkembang dengan baik dan aplikasi ini mudah untuk diakses melalui android/ios. Marbel Belajar Membaca adalah aplikasi edukasi untuk anak usia 6-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak mengenal huruf A sampai Z, membedakan huruf vokal dan konsonan, serta belajar mengeja suku kata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Metode ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait penggunaan aplikasi Marbel Membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan aplikasi "Marbel Membaca" secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak-anak, baik di tingkat pendidikan formal maupun non-formal. Berdasarkan hasil studi yang disajikan, aplikasi ini bermanfaat tidak hanya untuk siswa reguler di sekolah dasar, tetapi juga untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti disleksia, serta anak-anak usia dini. Dengan fitur yang interaktif, memadukan unsur audio, visual, dan permainan, Marbel Membaca membuat proses belajar membaca menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Aplikasi ini membantu mereka mengenal huruf, mengeja, dan membaca kata-kata sederhana secara bertahap, sehingga mendorong pengembangan keterampilan literasi peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai ...