Keragaman peserta didik merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari, karena mereka memiliki latar belakang, kemampuan, gaya belajar, dan minat yang berbeda. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mencapai target kurikulum. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji informasi terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam memfasilitasi keragaman peserta didik untuk mencapai target kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode Literature review, dengan menganalisis sejumlah 20 artikel jurnal berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris bertema pembelajaran berdiferensiasi dan keragaman peserta didik. Kriteria artikel jurnal yang digunakan dengan kemutakhiran 5 tahun ke belakang, yaitu dari tahun 2019 hingga 2024. Hasil penelitian literature review diperoleh bahwa pembelajaran berdeferensi memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar, motivasi, keaktifan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi fleksibel digunakan dalam segala jenjang, aspek yang harus diperhatikan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi yaitu profil belajar, dan minat peserta didik. Pendekatan berdiferensiasi dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan kurikulum merdeka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan untuk memfasilitasi keberagaman peserta didik dalam mencapai target kurikulum.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024