JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat jati

Menuju Strategi Pengajaran yang Efektif : Wawasan dari Persepso dan Pengalaman Mahasiswa

Damni, Albertos (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya metode pembelajaran berdiferensiasi dan interaksi antara dosen dan mahasiswa dalam konteks perguruan tinggi. Latar belakang penelitian mengemukakan bahwa metode pembelajaran yang berfokus pada keberagaman siswa merupakan pendekatan yang penting dalam pendidikan saat ini, mengingat peran teknologi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih personal dan interaktif. Penelitian ini juga menyoroti bahwa interaksi antara dosen dan mahasiswa memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara kelompok terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki beragam persepsi terkait metode pembelajaran dan tugas yang diberikan oleh dosen. Beberapa mahasiswa merasa bosan dan kurang termotivasi jika metode pembelajaran monoton, sementara yang lain lebih suka metode pembelajaran yang praktis dan interaktif. Interaksi yang baik antara dosen dan mahasiswa dianggap penting, dengan harapan dosen mampu mendengarkan, memberikan feedback konstruktif, dan menciptakan lingkungan yang nyaman. Tantangan dalam berinteraksi dengan dosen termasuk kurangnya respons dari dosen terhadap pesan mahasiswa dan penggunaan bahasa yang sulit dimengerti. Terlalu banyak tugas juga dapat membebani mahasiswa, terutama jika batas waktu yang singkat. Namun, tugas yang terkait dengan teknologi, pengalaman langsung, dan isu sosial dianggap positif oleh mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...