Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 3 (2024)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI MENGULAS KARYA FIKSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI

siringoringo, cindy claudia (Unknown)
Rustam, Rustam (Unknown)
Ningsih, Arum Gati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning dalam kemampuan mengulas karya fiksi di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini dilakukan pada bulan Februari tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mencakup hasil observasi guru dan siswa, wawancara dengan guru bahasa Indonesia, serta hasil nilai siswa dan modul ajar. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dilakukan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan kesimpulan. Evaluasi pembelajaran meliputi penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengulas karya fiksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan analisis dan pemahaman siswa terhadap teks ulasan karya fiksi.Kata kunci: Discovery Learning, Mengulas, Fiksi, Pembelajaran Aktif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...