Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 13, No 3 (2024)

PENERAPAN TEKNIK IMAGINE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERTEMA LINGKUNGAN SEKOLAH FASE D KELAS VIII A SMP NEGERI 15 MUARO JAMBI

rahayu, erna (Unknown)
dewi, yusra (Unknown)
nurfadilah, nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik imagine dalam menulis puisi siswa bertema lingkungan sekolah fase D kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik imagine dalam pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan sekolah fase D kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik imagine dalam pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan sekolah SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan sekolah, sedangkan subjek penelitiannya adalah peserta dididik kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII A. sedangkan data yang digunakan berupa proses pembelajaran dan hasil karya menulis puisi bertema lingkungan sekolah dengan menggunakan teknik imagine. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan teknik imagine dalam pembelajaran materi menulis puisi bertema lingkungan sekolah fase D kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar sesuai dengan modul ajar. Hal tersebut terlihat dari proses pembelajaran dimulai ketika guru melakukan kegiatan pendahuluan, kemudian pada tahapan inti guru menjelaskan, mengajukan pertanyaan dan menentukan hasil kerja peserta didik yang akan dibuat, guru mengintruksikan peserta didik untuk membuat puisi sesuai tema yang telah ditentukan, dan menentukan jadwal hasil kerja peserta didik. Selanjutnya pada kegiatan penutup guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.Kata kunci: penerapan, teknik imagine, menulis puisi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...