Journal of Islamic Studies
Vol 2 No 3 (2024): Journal of Islamic Studies (November)

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALLAM BELAJAR IPA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN

Arifudin, Akmal (Unknown)
Iswandi, Irvan (Unknown)
Utami, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Belajar dan pembelajaran adalah dua konsep yang saling terkait dan tak terpisahkan dalam proses pendidikan. Dalam kegiatan edukatif, interaksi antara guru dan siswa menjadi kunci utama. Dalam konteks belajar IPA di Sekolah Dasar, guru perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Mahad Al-Zaytun serta upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memahami dan menggambarkan fenomena yang terkait dengan pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan guru yang mengajar IPA dikelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis dalam belajar IPA berpusat pada siswa, bekerja sama, berkomunikasi, berpikir kritis dan berinovasi. Sedangkan hasil diperoleh untuk mencapai tujuan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis diantaranya menjadi teladan yang baik dan mengintegrasikan nilai-nilai kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Studies is managed and published by IAI Al-Zaytun Indonesia. JIS focus is related to the study of Islamic society which consists of Islamic Science and Civilization, Islamic thought, the Muslim community, Islamic philosophy, Islam and Peace, Islamic education, Islamic law, ...