Penelitian dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan di kelas IV SLB Negeri 2 Pariaman yang masih belum mampu memasang baju berkancing dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasang baju berkancing melalui video tutorial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR). Desain Penelitian yang digunakan adalah Desain A-B. Desain A-B terdiri dari 2 Kondisi yaitu Baseline (A1) dan B (Intervensi). Hasil Penelitian menunjukkan dalam 12 kali pertemuan, yaitu pada kondisi Baseline (A1) dengan presentase 33%,33%,33%,33%. Pada Kondisi Intervensi (B) dengan presentase 42%, 42%, 50%, 58%, 67%, 83%, 83%, 83%. Berdasarkan hasil presentase penelitian tersebut dan analisis data baik dalam kondisi dan antar kondisi Video Tutorial dapat meningkatkan kemampuan memasang baju berkancing bagi anak disabilitas intelektual ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Pariaman.
Copyrights © 2024