Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang tepat oleh guru mengakibatkan siswa menjadi tidak aktif dan kurang efektifnya proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan banyak siswa mendapatkan nilai rendah dan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Game Based Learning (GBL) dengan bantuan media Flashcard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 2 Batealit. Penelitian ini dilakukan dengan berpendekatan kuantitatif desain Pre Eksperiment one group pretest-posttest dan melibatkan 15 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode GBL dengan bantuan media Flashcard memberikan dampak pada meningkatnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengingat serta mengaplikasikan konsep matematika, khususnya pada materi pecahan. Metode ini terbukti menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif dan menarik, yang memberikan dampak pada meningkatnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang variatif sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran guna mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi.
Copyrights © 2024