LINEAR: Journal of Mathematics Education
Vol. 5 No. 2 (2024): Volume 5 Nomor 2 Desember 2024

Efektivitas metode game-based learning berbantuan media flashcard pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa

Afiyah, Kholifatun Nur (Unknown)
Sutriyani, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang tepat oleh guru mengakibatkan siswa menjadi tidak aktif dan kurang efektifnya proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan banyak siswa mendapatkan nilai rendah dan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Game Based Learning (GBL) dengan bantuan media Flashcard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 2 Batealit. Penelitian ini dilakukan dengan berpendekatan kuantitatif desain Pre Eksperiment one group pretest-posttest dan melibatkan 15 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode GBL dengan bantuan media Flashcard memberikan dampak pada meningkatnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengingat serta mengaplikasikan konsep matematika, khususnya pada materi pecahan. Metode ini terbukti menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif dan menarik, yang memberikan dampak pada meningkatnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang variatif sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran guna mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...