Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas, yang tujuannya menggunakan pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V SDN Putat 01 Madiun. Siswa kelas V yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah sebelas orang. Latar belakang penelitian ini adalah kecenderungan siswa untuk bersikap pasif dan kecenderungan mereka untuk tidak tertarik pada materi pelajaran karena penggunaan strategi pengajaran yang monoton. Strategi pembelajaran Teaching At The Right Level (TaRL) digunakan untuk melaksanakan pembelajaran pada setiap dua siklus penelitian ini yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Berdasarkan data yang terkumpul untuk aktivitas siswa pada siklus I, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan waktu yang digunakan masih kurang efektif dalam proses belajar mengajar; dengan kata lain aktivitas siswa dan guru dinilai baik. Sebaliknya pada siklus II terlihat kegiatan belajar mengajar mulai berjalan lancar, peran guru cukup aktif, dan interaksi antara siswa dan guru sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, siswa kelas V SDN Putat 01 dapat lebih tertarik belajar pada tahun ajaran 2024/2025 dengan menerapkan model pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL).
Copyrights © 2024