MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 4 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Desember 2024

Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teaching at The Right Level pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Ramawati, Reni Eka (Unknown)
Sari, Novita Erliana (Unknown)
Novarina, Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Jenis penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas, yang tujuannya menggunakan pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V SDN Putat 01 Madiun. Siswa kelas V yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah sebelas orang. Latar belakang penelitian ini adalah kecenderungan siswa untuk bersikap pasif dan kecenderungan mereka untuk tidak tertarik pada materi pelajaran karena penggunaan strategi pengajaran yang monoton. Strategi pembelajaran Teaching At The Right Level (TaRL) digunakan untuk melaksanakan pembelajaran pada setiap dua siklus penelitian ini yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Berdasarkan data yang terkumpul untuk aktivitas siswa pada siklus I, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan waktu yang digunakan masih kurang efektif dalam proses belajar mengajar; dengan kata lain aktivitas siswa dan guru dinilai baik. Sebaliknya pada siklus II terlihat kegiatan belajar mengajar mulai berjalan lancar, peran guru cukup aktif, dan interaksi antara siswa dan guru sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, siswa kelas V SDN Putat 01 dapat lebih tertarik belajar pada tahun ajaran 2024/2025 dengan menerapkan model pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...