JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
Vol 9, No 4 (2024)

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP TREN KPOPFICATION DALAM MASA KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL X

Antonia .M, Hutami Jane (Unknown)
Mailoa, Evangs (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam bidang politik menjadikan media sosial sebagai platform untuk berkampanye  dan  berinteraksi antara politisi dan pemilih. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Algoritma Naïve Bayes dalam menganalisis sentimen pada tweet terkait dengan tren "Kpopfication" dalam pemilihan umum. “Kpopfication” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan para penggemar K-Pop yang mengintegrasikan elemen-elemen dari dunia K-Pop dalam berbagai aspek kehidupan di luar dunia K-Pop itu sendiri. Langkah pertama adalah pengumpulan data dari tweet pengguna X melalui metode crawling dengan kata kunci ‘Kpopfication Pemilu lang:id’. Langkah kedua melakukan Pre-Processing data untuk membersihkan dan mempersiapkan data agar dapat diklasifikasikan. Langkah ketiga adalah melakukan pelabelan dengan menggunakan Lexicon Based dan yang terakhir adalah penerapan Algoritma Naïve Bayes. Dari analisis sentimen di dapatkan hasil akurasi 86%, presisi 84%, recall 96%, dan f1-score 90%, serta evaluasi kinerja model yang baik dalam mengenali sentimen positif dan negatif. Hasil penelitian ini akan menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam konteks pemilu dan inovasi dalam berkampanye.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) e-ISSN: 2540 - 8984 was made to accommodate the results of scientific work in the form of research or papers are made in the form of journals, particularly the field of Information Technology. JIPI is a journal that is managed by the ...