Kompetensi pegawai tata administrasi sekolah sangat diperlukan bagi kelangsungan mutu sekolah dalam dunia pendidikan. Namun persoalannya dalam penelitian ini terdapat tumpang tindih pekerjaan seperti pegawai tata administrasi di SDN 2 Kalibening Kabupaten Lampung Timur yang merangkap sebagai guru. Selain tumpang tindih pekerjaan, persoalan kompetensi pegawai tata administrasi juga belum mendapat perhatian, seperti pegawai belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan administrasi untuk mendukung tugasnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi dan tertib administrasi di SDN 2 Kalibening Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai tata administrasi di SDN Negeri 2 Kalibening masih perlu ditingkatkan karena jumlah sumber daya manusia dalam menjalankan tugas masih kurang. Pegawai tata administrasi juga belum dibekali pelatihan administrasi profesional untuk mendukung tugasnya. Kompetensi pegawai tata administrasi perlu terus ditingkatkan karena pekerjaan administrasi di sekolah memerlukan keahlian dan keterampilan yang memadai di bidang ini. Pegawai administrasi harus memiliki kemampuan yang terampil, andal, dan memahami tugas serta tanggung jawab mereka. Dengan demikian, pegawai tata administrasi merupakan bagian penting dalam operasional sekolah, karena keberadaan mereka saling terkait dengan komponen lainnya dalam sistem pendidikan.
Copyrights © 2025