Mewujudkan keharmonisan dan toleransi dalam kehidupan beragama merupakan sebuah tantangan yang besar bagi negara Indonesia, perkembangan media sosial memberikan pengaruh dalam pembentukan kehidupan beragama di masyarakat. kemudahan akses internet yang tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak menjadi masalah tersendiri, karena saat ini bermunculan berita-berita hoax, ujaran kebencian yang mengatasnamakan agama, serta diskriminasi berbasis agama mendominasi dunia maya. Lebih memprihatinkan lagi, informasi palsu yang mengatasnamakan agama sering kali memicu munculnya generasi muda yang bersikap radikal, membenarkan kekerasan, dan kehilangan sikap toleransi terhadap keberagaman. Oleh karena itu, penting sekali membekali anak-anak akan pentingnya sikap saling menghargai, toleransi dan sikap anti kekerasan sejak dini, agar nantinya terbentuk budaya damai, toleransi yang akan membuat anak-anak bisa hidup berdampingan dalam perbedaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan damai dalam membangun budaya toleransi siswa PAUD Pembangunan Turi Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang termasuk dalam field reseach. Dari peneritian ini menemukan hasil bahwa pola pendidikan damai yang dilakukan oleh PAUD Pembangunan dimulai dari perumusan tujuan yang menekankan pentingnya kedamaian dalam kehidupan, disertai dengan penyusunan kurikuluum yang memuat nilau-nilai toleransi, penghargaan terhadap hak asasi individu dalam keberagaman. Dalam penanamannya metode yang digunakan melalui integrasi nilai-nilai kedamaian dalam pembelajaran, penggunaan cerita inspiratif atau dongeng, penguatan nilai kerjasama melalui permainan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong saling menghargai. Pendidikan damai memberikan dampak yang postitif dalam membentuk sikap anti kekerasan, meningkatkan toleransi, memperkuat kesadaran sosial dan empati, membangun solidaritas serta mengurangi potensi konflik baik dilingkungan sekolah maupun masyrakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024