JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 1 (2025)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS (PROJECT BASED LEARNING – PJbL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ILMU ASHWAT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Harianto, Neldi (Unknown)
Sholiha, Mar'atun (Unknown)
Handayani, Khairisti Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami materi tentang Ilmu Ashwat dan menulis artikel ilmiah, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PJbL) adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kulaitatif dan hasil yang ditemukan dalam penelitian implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJbL) dalam mata kuliah Ilmu Ashwat menunjukkan hasil yang baik ini didapatkan dari hasil nilai rata-rata mahasiswa. Pada pre test 72,71 dan hasil pos tes 1 71 dan hasil pos test 2 80. Dan kecenderungan hasil belajar meningkat, dan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJbL) berhasil dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Ashwat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...