JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 1 (2025)

INTEGRASI KONSEP GETARAN DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY

Ula, Attaqotul (Unknown)
Nurita, Tutut (Unknown)
Ermawan, Mochammad Zumar Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan argumentasi siswa melalui model guided inquiry. Metode penelitian yang digunakan adalah poor experimental design dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest design terhadap siswa kelas VIII sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan argumentasi dengan penerapan guided inquiry pada materi getaran. Peningkatan tersebut diukur menggunakan normalized change (N-change) dengan kategori peningkatan sedang. Hasil peningkatan yang diperoleh menunjukkan rata-rata nilai keterampilan argumentasi siswa kelas A sebesar 0,64 dan kelas B sebesar 0,66. Keterampilan argumentasi siswa meningkat pada seluruh indikator yaitu mengemukakan klaim, mengumpulkan data, serta memberi dukungan atau jaminan (warrant). Kata Kunci: keterampilan argumentasi, guided inquiry, getaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...