Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan media pembelajaran ChemMag tentang konsep-konsep kimia dalam pembuatan gula tebu sebagai bahan bacaan tambahan untuk siswa SMA. Responden dari kegiatan ini adalah guru kimia dan siswa SMAN 2 Mataram. Kegiatan ini terdiri dari tahap observasi awal, perencanaan, pelaksanaan pengabdian, dan evaluasi kegiatan. Evaluasi kegiatan menggunakan angket untuk menilai kepraktisan media ChemMag dan respon peserta terhadap media ChemMag dan kegiatan pengabdian. Kepraktisan untuk semua komponen ChemMag dengan nilai 81%, yang menunjukkan bahwa ChemMag sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil angket respon terhadap kegiatan pengabdian menunjukkan sebanyak 67% responden tertarik mengikuti kegiatan pengabdian ini bahkan 15% responden sangat tertarik. Sebesar 81% responden lebih tertarik mempelajari ilmu kimia dan penerapannya setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini, dan 94% responden menyatakan pemateri menyampaikan materi kegiatan dengan jelas dan mudah dimengerti oleh peserta. Menurut 97% responden anggota yang terlibat dalam kegiatan pengabdian memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta. Seluruh responden berpendapat bahwa materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan meambah pengetahuan kimia mereka dan kegiatan pengabdian yang diselenggarakan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang ilmu kimia. Responden berpendapat bahwa media ChemMag sangat relevan dengan pembelajaran kimia di masa sekarang yang menerapkan kurikulum merdeka.
Copyrights © 2024