Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Pelatihan Penggunaan E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Kearifan Lokal sebagai Inovasi Pembelajaran dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Muntari (Unknown)
Andayani, Yayuk (Unknown)
Hadisaputra, Saprizal (Unknown)
Savalas, Lalu Rudyat Telly (Unknown)
Hanafi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tantangan revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan abad 21, yaitu 4C (Creative, Critical thinking & problem solving, Collaboration, and Communication) karena keterampilan tersebut dapat membentuk manusia yang memiliki kemampuan bersaing di dunia kerja. Selain itu juga kualitas pendidikan masih tergolong rendah, hal ini menjadi penghambat untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkelanjutan (ESDGs). Guru dituntut untuk melek terhadap teknologi. Pembelajaran harus memanfaatkan media. Pembelajaran dengan menggunakan media dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam modul elektronik (E-modul) berbasis socio scientific issue (SSI) terintegrasi kearifan lokal. Peserta diberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif mulai dari petunjuk penggunaan, hingga cara penggunaan e-modul berbasis SSI terintegrasi kearifan lokal. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan secara 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Penggunaan e-modul IPA berbasis SSI dianggap mampu untuk menjawab keresahan dari guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah. E-modul IPA berbasis SSI dapat mentransferkan peran dan fungsi konten dalam belajar mengajar menjadi luwes dan fleksibel. Manfaat secara nyata bahwa, siswa lebih mudah mengakses panduan belajar dan termotivasi untuk belajar lebih baik. Penggunaan e-modul IPA berbasis SSI dalam pembelajaran akan mempermudah guru untuk menyampaikan materi ajar ke siswa, siswa dapat membaca kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan bantuan aplikasi atau web yang dapat diakses menggunakan handpone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...