LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 4 (2024)

PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 1 KERUAK

MAYURISTIRA, SASMITA (Unknown)
HARDIANSYAH, HARDIANSYAH (Unknown)
IQBAL , MUHAMMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

This study aims to analyze the influence of project-based learning management on the learning creativity of class XI students at SMKN 1 Keruak in the 2023/2024 academic year, reviewed from 2 management functions, namely planning, and evaluation, using the hypothesis that planning and evaluation of project-based learning have an effect on students' learning creativity at SMKN 1 Keruak. The data for this study were obtained from the results of respondent responses (questionnaire distribution), where the questionnaire was filled out by 100 class XI students at SMKN 1 Keruak, taken from a population of 132 people. The research method used is a survey method with a quantitative approach. The statistical analysis used in this study is multiple linear regression analysis and assisted by using the SPSS 15 program. The results of this study indicate that: (1) Project-based learning planning has an effect on students' learning creativity, as evidenced by the regression coefficient of 0.184 or 18.4%; (2) Project-based learning evaluation has an effect on students' learning creativity, as evidenced by the regression coefficient of 0.266 or 26.6%; (3) Project-based learning planning and evaluation has an effect on students' learning creativity, as evidenced by the determinant coefficient of 0.375 or 37.5%. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Keruak tahun ajaran 2023/ 2024, ditinjau dari 2 fungsi manajemen, yaitu perencanaan dan evaluasi, dengan menggunakan hipotesis bahwa perencanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kreativitas belajar peserta didik di SMKN 1 Keruak. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tanggapan responden (penyebaran angket), dimana angket diisi oleh peserta didik kelas XI di SMKN 1 keruak sejumlah 100 sampel yang diambil dari populasi sejumlah 132 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan dibantu dengan menggunakan program SPSS 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kreativitas belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil koefisien regresi sebesar 0,184 atau 18,4%; (2) Evaluasi pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kreativitas belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil koefisien regresi sebesar 0,266 atau 26,6%; (3) Perencanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kreativitas belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil koefisien determinan sebesar 0,375 atau 37,5%. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...