LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 4 (2024)

DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PPPK GURU DI KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG

ANGGRENI, LISA (Unknown)
SETYOWATI, SUSDARYANTI EKO (Unknown)
NURKOLIS, NURKOLIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

This study aims to analyze the impact of the implementation of the Government Employees with Work Agreement (PPPK) policy on teacher work motivation in Indonesia. The PPPK policy was introduced as an effort to improve the quality of education by providing official status to honorary teachers. The research method used is a qualitative approach with data collection through interviews with PPPK teachers in several schools. The results of the study indicate that the implementation of the PPPK policy significantly increases teacher work motivation, which is reflected in increased welfare, recognition of status, and responsibility. These findings indicate that although the PPPK policy has great potential to improve the quality of education, challenges in its implementation need to be overcome so that positive impacts can be maximized. Recommendations are given to analyze planning, needs and improve motivation. With clear evaluation and performance standards, teachers tend to be more responsible in carrying out their duties professionally. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak implementasi kebijakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terhadap motivasi kerja guru di Indonesia. Kebijakan PPPK diperkenalkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan status resmi kepada guru honorer. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualiitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada guru PPPK di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan PPPK secara signifikan meningkatkan motivasi kerja guru, yang tercermin dari peningkatan kesejahteraan, pengakuan status, dan tanggung jawab.Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun kebijakan PPPK memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tantangan dalam implementasinya perlu diatasi agar dampak positif dapat dimaksimalkan. Rekomendasi diberikan untuk menganalisis perencanaan, kebutuhan dan meningkatkan motivasi.Dengan adanya evaluasi dan standar kinerja yang jelas, guru cenderung lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas mereka dengan profesional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...