Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 4 No. 2 (2024)

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematics Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan

Putri, Linda Syah (Unknown)
Irvan (Unknown)
Azis, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan Modul pembelajaran Matematika yang Berbasis Etnomatematics dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada materi Pola Bilangan. Untuk mengetahui kepraktisan siswa pada penerapan Modul pembelajaran Matematika yang Berbasis pada Etnomatematics dan dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada materi Pola Bilangan yang dikembangkan. Untuk mengetahui keefektifan Modul pembelajaran Matematika yang Berbasis pada Etnomatematics dan dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada materi Pola Bilangan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian 4-D Thiagarahan: define (Pendefenisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan) and deesimanate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Ajaran 2023/2024 berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil validasi tahap 1 oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata komulatif sebesar 69,05% dengan kriteria “cukup baik” yang artinya perlu adanya perbaikan dari beberapa aspek yang terdapat didalam modul. Setelah melakukan serangkaian revisi maka diperoleh rata-rata skor komulatif pada validasi tahap 2 sebesar 84,11% dengan kriteria “baik”, sehingga tidak ada revisi ulang terhadap modul. Skor rata-rata komulatif validasi tahap 1 oleh ahli media sebesar 68,32% dengan kiteria “cukup Baik” yang artinya perlu adanya revisi dibeberapa bagian modul. Pada validasi tahap 2 diperoleh rata-rata komulatif sebesar 89,17% dengan kriteria “Baik” sehingga modul dikatakan valid dan siap digunakan untuk ujicoba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian angket respon siswa terhadap modul diperoleh rata-rata skor 1,9 dengan persentase kepraktisan sebesar 95 % dengan kriteria “sangat baik”. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksaqila

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk meningkatkan kemampuan dosen, peneliti dalam menulis dan meneliti dalam bidang pendidikan. dengan adanya jurnal ini, diharapkan menjadi wadah dalam ...