SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
Vol 6, No 1 (2024)

Tingkat Kebahagiaan Peserta Didik Dengan Sistem Full Day School Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan

Nanda Widya, Gelia Puspa (Unknown)
Arswimba, Bernadinus Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana tingkat kebahagiaan siswi perempuan di SMA N 1 Karangdowo Klaten terkait belajar menggunakan sistem full day school, (2) Mengetahui bagaimana tingkat kebahagiaan siswa laki-laki di SMA N 1 Karangdowo Klaten terkait belajar menggunakan sistem full day school, (3) Mendeskripsikan perbedaan tingkat kebahagiaan peserta didik SMA N 1 Karangdowo Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana peneliti melakukan pengumpulan data lewat teknik observasi dan menggunakan metode kuisioner. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Karangdowo Klaten yang berjumlah 70 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui proses validasi menggunakan JASP versi 14. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tingkat kebahagiaan Siswi perempuan mayoritas 18 siswa (48%) masuk dalam kategori tinggi. (2) Tingkat kebahagiaan siswa laki-laki mayoritas 12 siswa (57%) masuk dalam kategori sedang. (3) Terdapat perbedaan tingkat kebahagiaan antara laki-laki dan perempuan 2 siswa (2%) yang kebahagiaannya masuk dalam kategori sangat tinggi, 40 siswa (70%) masuk dalam kategori tinggi, dan 21 siswa (20%) masuk dalam kategori rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solution

Publisher

Subject

Education

Description

SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini ...