Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Posttest-Only Control Design terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 51 Kota Bengkulu.Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data dari hasil penelitian ini menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi.Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t dengan t-hitung pada keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol sebesar 60,77 mengalami kenaikan naik menjadi rata-rata kelas eksperimen pada hasil berpikir kritis siswa sebesar 88,43. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2024