Journal Cerdas Mahasiswa
Vol 6, No 2 (2024)

ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 31 KOTA PAYAKUMBUH

Aprilia, Cut Cantika (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)
Dorisno, Dorisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi  permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka dilihat dari pola yang muncul di lapangan, belum sepenuhnya terwujud karena berbagai persoalan yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui problematika guru tentang perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri 31 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka meliputi 3 hal. Pertama, pada perencanaan pembelajaran yaitu (1) Kesulitan guru dalam menganalisis Capaian Pembelajaran, (2) Guru kesulitan dalam mengembangkan langkah-langkah pembelajaran yang berdiferensiasi. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) Guru kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terutama dalam menerapkan metode pembelajaran yang interaktif, (2) Kesulitan dalam penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila, (3) Guru belum mampu membimbing dan memotivasi peserta didik berpartisipasi aktif  dalam menerapkan pembelajaran mandiri, (4) dan Keterbatasan referensi buku ajar. Ketiga, pada asesmen pembelajaran yaitu (1) Guru dalam menyusun instrument penilaian tidak bervariasi, (2) Kesulitan melakukan tindak lanjut langsung. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengatasi dan meminimalisir permasalahan yang terjadi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cerdas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Cerdas Mahasiswa diterbitkan pertama kali januari 2009 oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang dengan nama jurnal Cerdas. Journal Cerdas Mahasiswa mulai tahun 2019 terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Oktober. Journal Cerdas Mahasiswa mulai volume 3 no 1 sudah ...