Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Pannyikkokang 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Metodologi analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Pannyikkokang 1 Siswa menunjukkan partisipasi yang lebih aktif ketika pembelajaran, berpikir membuat pertanyaan, siswa akan mengumpulkan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami, bertukar pikiran dan pendapat berdasarkan pertanyaan yang diajukan, dan guru pada akhirnya akan mengumpulkan dan menjawab pertanyaan tersebut sebagai satu sumber pengajaran. Penggunaan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) telah menghasilkan peningkatan hasil pembelajaran IPA di setiap siklus. Temuan penelitian ini memiliki konsekuensi bagi para pendidik serta terciptanya pendekatan yang lebih efektif terhadap pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Mengajar di Tingkat yang Tepat (TaRL) dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Kata Kunci: Teaching At The Right Level (TARL), Hasil Belajar, PAS
Copyrights © 2024