Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 6

Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Amran, Muhammad (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Ali, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Pannyikkokang 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Metodologi analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPT SPF SDN Pannyikkokang 1 Siswa menunjukkan partisipasi yang lebih aktif ketika pembelajaran, berpikir membuat pertanyaan, siswa akan mengumpulkan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami, bertukar pikiran dan pendapat berdasarkan pertanyaan yang diajukan, dan guru pada akhirnya akan mengumpulkan dan menjawab pertanyaan tersebut sebagai satu sumber pengajaran. Penggunaan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) telah menghasilkan peningkatan hasil pembelajaran IPA di setiap siklus. Temuan penelitian ini memiliki konsekuensi bagi para pendidik serta terciptanya pendekatan yang lebih efektif terhadap pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Mengajar di Tingkat yang Tepat (TaRL) dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Kata Kunci: Teaching At The Right Level (TARL), Hasil Belajar, PAS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...