Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan materi pembelajaran Penerjemahan berbasis pendekatan komunikatif bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan desain materi, latihan LKS dan program perkuliahan yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan bahasa mahasiswa. keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan desain materi pembelajaran Penerjemahan berbasis pendekatan komunikatif bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa mahasiswa. Pengembangan desain materi pembelajaran yang direncanakan akan mengikuti penelitian dan pengembangan yang dirancang oleh Borg & Gall (1983). Penelitian ini merupakan suatu proses ekstensif dalam menilai kebutuhan siswa dan kemudian dikembangkan produk yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa mereka melalui pendekatan komunikatif berbasis pembelajaran Penerjemahan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat prototipe bahan ajar Penerjemahan, silabus, dan kontrak perkuliahan serta pendekatan komunikatif berdasarkan buku panduan pembelajaran Penerjemahan. Kata Kunci: Mengembangkan Pembelajaran, Penerjemahan, Pendekatan Komunikatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024