Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 3

Peran Etnosentrisme Konsumen Muda Generasi Z Pada Merek Kecantikan Lokal

Hasbiah, Sitti (Unknown)
Hasdiansa, Ilma Wulansari (Unknown)
Nurhaedah, Nurhaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Fenomena meningkatnya dukungan dari konsumen muda Indonesia terhadap merek kecantikan lokal berkaitan erat dengan tren nasionalisme dan kebanggaan terhadap produk-produk dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat etnosentrisme konsumen generasi Z di Indonesia terhadap merek kecantikan lokal serta mengkaji pengaruh faktor psikososial dan demografis terhadapnya. Etnosentrisme konsumen merujuk pada keyakinan tentang moralitas dan kelayakan dalam memilih produk domestik dibandingkan produk impor, yang diukur menggunakan skala CETScale dengan berbagai pernyataan terkait faktor psikososial. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji signifikansi, dan tabulasi silang dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas. Hasil menunjukkan bahwa etnosentrisme di kalangan konsumen muda berada pada tingkat yang cukup tinggi, dengan perbedaan signifikan yang didorong oleh faktor psikososial dan demografis. Implikasi manajerial dari temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan kosmetik lokal perlu mengoptimalkan nilai kebanggaan nasional serta memperhatikan faktor psikososial dalam strategi pemasaran untuk memperkuat loyalitas konsumen terhadap produk dalam negeri.Kata kunci: etnosentrisme, psikososial, demografis, konsumen muda, generasi Z

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...