Penelitian ini menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor penentu yang sangat penting dalam membina lingkungan belajar yang produktif dan meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini berfokus pada identifikasi gaya kepemimpinan yang paling efektif berkontribusi terhadap motivasi, kepuasan kerja, dan kinerja guru. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan guru. Temuan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis dan transformasional secara signifikan mempengaruhi kinerja guru dengan mendorong kolaborasi, pengembangan profesional, dan inovasi dalam praktik pengajaran. Studi ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan sekolah yang efektif sangat penting untuk meningkatkan kinerja guru, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya para pemimpin sekolah untuk mengadopsi strategi kepemimpinan yang menumbuhkan lingkungan yang mendukung dan memberdayakan guru. Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, Kinerja guru, Kepemimpinan demokratis, Kepemimpinan transformasional, Kualitas pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024