Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas tinggi UPTD SD Negeri 35 Kota Parepare. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar PAI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di UPTD SD Negeri 35 Kota Parepare yang berjumlah 97 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 26 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket pola asuh orang tua, sedangkan data prestasi belajar diperoleh dengan teknik pengumpulan data dokumentasi melalui guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh tipe pola asuh otoriter memperoleh persentase sebesar 77,9%, pola asuh demokratis memperoleh persentase sebesar 88,6% dan pola asuh permisif memperoleh persentase sebesar 73%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang dominan digunakan oleh orang tua siswa UPTD SD Negeri 335 Kota Parepare adalah pola asuh demokratis. Adapun analisis inferensial diperolah bahwa nilai rhitung 0,740 > rtabel 0,497 sehingga H0 ditolak Hi diterima, yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan dan kuat antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa sebesar 54,7%.Kata kunci: analisis hubungan, pola asuh orang tua, prestasi belajar, pendidikan agama Islam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024