Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks persuasi melalui platform media sosial yang efektif, menarik, dan relevan dengan kehidupan siswa. Media sosial dipilih karena merupakan bagian integral dari keseharian siswa, sehingga diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap awal, dilakukan analisis kebutuhan yang melibatkan siswa dan guru untuk memahami kesulitan dan kebutuhan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Hasil pengembangan desain media divalidasi oleh para ahli, yang menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dengan penilaian positif pada aspek teknis, pedagogis, dan estetika. Uji coba terbatas juga menunjukkan peningkatan keterampilan menulis dan motivasi siswa dalam menulis teks persuasi melalui interaksi di media sosial. Secara keseluruhan, media pembelajaran ini dinyatakan efektif dan siap diimplementasikan lebih luas dalam pembelajaran, meskipun perlu ada pengawasan guru dalam mengelola interaksi di media sosial.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Menulis, Teks Persuasi, Media Sosial
Copyrights © 2024