Studi penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model komunikasi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran hyflex dan mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan disain deskriptif. Subyek penelitiannya adalah para dosen dan mahasiswa di Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar yang dipilih dengan pertimbangan khusus bahwa kelas yang dijalankan menerapkan pembelajaran hyflex. Data mengenai model dan strategi komunikasi antara dosen dan mahasiswa dikumpulkan melalui pengamatan dan rekaman audio, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi yang digunakan mengadopsi model Osgood-Schramm, yakni menerapkan empat prinsip utama yaitu: komunikasi keliling atau berulang, komunikasi berimbang dan timbal balik, pesan yang disampaikan adalah hasil interpretasi, dan memiliki tiga langkah proses komunikasi yaitu: mengkodekan, memahami kode, dan menginterpretasikan. Sedangkan strategi komunikasi yang digunakan adalah dua strategi, yakni langsung dan interaksi menurut Dornyei & Scott. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan model komunikasi antara dosen dan mahasiswa melalui penerapan pembelajaran hyflex learning dapat berjalan efisien, efektif, dan kondusif. Kata kunci: Model dan strategi komunikasi, pembelajaran hyflex
Copyrights © 2024