Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan meningkatnya tuntutan akan keterampilan berbahasa dalam akademis, perlu dipahami bagaimana faktor bahasa mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan bahasa dalam pembelajaran sejarah dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa serta guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan guru sejarah, observasi aktivitas kelas, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru menyadari pentingnya bahasa yang baik, praktik pengajaran yang ada cenderung kurang memadai, dengan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara dan menulis dengan baik. Keterlibatan siswa dalam diskusi juga tergolong rendah, yang berkontribusi terhadap rendahnya kualitas pembelajaran sejarah secara keseluruhan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya integrasi antara pengajaran sejarah dan bahasa dalam kurikulum, serta pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran.
Copyrights © 2024