Community Service Journal Of Economic Education
Vol 3, No 2 (2024): Community Service Journal Of Economic Education

PELATIHAN KAHOOT IT! PENGGUNAAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA

Zaswita, Hermi (Unknown)
Asmara, Rini (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan penguasaan kosakata siswa serta mengembangkan keterampilan teknologi di kalangan guru dan siswa. Tim pengabdian kami merancang dan melaksanakan sesi pembelajaran interaktif menggunakan Kahoot!. Metode pelaksanaannya meliputi penyiapan materi pembelajaran, pelatihan guru, pelaksanaan kuis interaktif dengan siswa, serta pemberian evaluasi dan umpan balik. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar, keterlibatan aktif, dan penguasaan kosakata siswa. Rata-rata nilai tes kosakata siswa meningkat dari 60% menjadi 85% dalam waktu satu bulan. Selain itu, menggunakan Kahoot! membantu siswa dan guru mengembangkan keterampilan teknologi mereka. Evaluasi menunjukkan bahwa unsur kompetitif dalam Kahoot! menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan merangsang. Siswa menerima umpan balik langsung yang membantu mereka memahami dan memperbaiki kesalahan mereka. Diskusi kelas setelah Kahoot! sesi memperdalam pemahaman siswa. Tantangan seperti keterbatasan perangkat dan akses internet diatasi dengan solusi praktis. Jadi, penggunaan gamifikasi melalui Kahoot! berhasil meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa, serta keterampilan teknologi guru dan siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CSJEE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Ekonomi adalah Artikel yang diterbitkan dapat berupa hasil pengabdian kepada masyarakat dan hasil kajian konseptual pada bagian pendidikan ekonomi, kewirausahaan, dan ekonomi kreatif serta penerapannya, pada bagian pendidikan dan pengajaran. Ruang ...