Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan layanan informasi modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa yang stres belajarnya sangat tinggi, dipengaruhi oleh kondisi siswa tersebut. Dalam kegiatan pemberian layanan ternyata mereka kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana gambaran kebutuhan model pengembangan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. (2) Bagaimana prototipe model pengembangan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. (3) Bagaimana tingkat validasi model pengembangan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. (4) Bagaimana tingkat kepraktisan modul keterampilan menyalin untuk mengurangi masalah stres belajar bagi siswa SMAN 12 BULUKUMBA. Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dari 10 tahap menjadi 7 tahap pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Bulukumba dengan jumlah responden 28 orang sedangkan untuk uji kelompok kecil sebanyak 10 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kurangnya layanan informasi bagi siswa mengenai stres belajar (2) Modul layanan informasi bagi siswa “Copyng skills” yang dikembangkan terdiri dari 23 halaman yang terdiri dari beberapa pokok materi mengenai stres belajar (3) setelah melalui tahap uji validasi oleh para ahli dan menunjukkan bahwa media yang telah dibuat valid untuk diujikan kepada siswa di SMAN 12 Bulukumba sebagai uji praktisi dan 10 orang responden untuk uji coba lapangan diperoleh hasil dengan presentase sebesar 99% sehingga media yang telah dikembangkan yaitu modul “copyng skills” untuk mengurangi permasalahan stres belajar siswa layak untuk diujicobakan secara luas dan digunakan sebagai media bimbingan dan konseling di sekolah.
Copyrights © 2024