Journal of Education Action Research
Vol 8 No 3 (2024): August 2024

Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn

Nani Mediatati (Unknown)
Dionisius Heckie Puspoko Jati (Unknown)
Jessica Sandi Mariana Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran yang efektif ditunjukkan dengan adanya hubungan timbal balik antara siswa dan guru saat proses pembelajaran melalui penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Namun ditemukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak melibatkan siswa dan tidak memotivasi siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode index card match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas X. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa TPM B kelas X SMK. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode flashcard match dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa dari pramenengah (20,58%) hingga Siklus I (61,76%) dan siklus II (82,35%). Simpulan penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan Pancasila dan UUD 1945 di kelas X dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga membuat siswa akan aktif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...