Penelitian ini menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan supervisi akademik berbasis layanan prima di SDIT Santiniketan Baleendah serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Supervisi akademik, dengan pendekatan layanan prima, menekankan fleksibilitas, dukungan personal, dan komunikasi dua arah sebagai sarana pengembangan profesional guru. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner dengan subjek kepala sekolah dan guru. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola-pola terkait implementasi supervisi berbasis layanan prima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi akademik di SDIT Santiniketan Baleendah dilakukan secara sistematis, dengan program yang disusun di awal tahun ajaran dan dijabarkan ke dalam rencana semester. Pengorganisasian supervisi melibatkan pembagian tugas yang jelas dan koordinasi yang baik antar bagian sekolah, sehingga supervisi berjalan secara teratur. Pelaksanaan supervisi bersifat fleksibel, di mana supervisi dapat dilakukan di luar jadwal jika terdapat kebutuhan mendesak. Pengawasan supervisi juga dilakukan secara responsif, dengan kepala sekolah berperan sebagai pengawas utama yang memastikan proses supervisi berjalan sesuai rencana. Faktor pendukung utama dalam pelaksanaan supervisi adalah kepemimpinan yang visioner dan komunikasi yang terbuka, sedangkan hambatan yang diidentifikasi meliputi keterbatasan waktu dan fasilitas.
Copyrights © 2025